Iklan

terkini

Polres Serdang Bedagai Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Toba 2024

Minggu, 18 Agustus 2024, Agustus 18, 2024 WIB Last Updated 2024-08-19T05:34:58Z


SERGAI -
Polres Serdang Bedagai menggelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Toba 2024 pada Senin, 19 Agustus 2024, bertempat di lapangan Mapolres Serdang bedagai. Apel dipimpin oleh Waka Polres Serdang Bedagai KOMPOL E. SIBUEA, S.Sos. yang mewakili Kapolres Sergai AKBP Jhon Hery Rakutta Sitepu, SIK, MH,


"Dalam sambutannya, Wakapolres membacakan amanat Kapolres bahwa Apel Gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan Personil Ops. Mantap Praja Toba 2024, sehingga Pilkada 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar, yang mana Pilkada 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi dan secara serentak dalam tahun yang sama, ini pekerjaan besar yg sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan Negara Kita, karna melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan pilkada 2024,"ujar Wakapolres.


Lanjutnya, Oleh sebab itu, guna mengamankan Pemilu Kepala Daerah 2024 maka Polri didukung TNI, lembaga, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar "Operasi Mantap Praja Toba tahun 2024". Operasi ini dilaksanakan sejak tanggal 24 Agustus 2024 yang diikuti oleh 321 Personel Polres Serdang Bedagai guna mengamankan seluruh tahapan Pilkada 2024.


Sebagai dukungan terhadap Operasi Mantap Praja 2024, Polri juga menggelar KRYD Cooling System untuk membangun narasi besar "Persatuan dan Kesatuan, serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok" guna mengantisipasi polarisasi akibat berita Hoaks, Isu SARA, Propaganda Firehouse of falsehood dan Black campaign.


Operasi Mantap Praja Toba 2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pilkada 2024, serta agar masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah Kita lakukan.


Berdasarkan indeks kerawanan Pilkada 2024, lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akan masalah. apabila terdapat konflik yang sudah menganggu stabilitas kamtibmas, maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, kuntabilitas serta nesesitas.


Khusus terkait bencana alam, koordinasikan dengan TNI, BPBD, BMKG, Basarnas dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan, sehingga bencana dapat dimitigasi. Siapkan pula rencana antisipasi bekerjasama dengan penyelenggara Pemilukada, apabila nantinya terdapat situasi bencana alam di suatu daerah seperti contohnya mempersiapkan fasilitas pencoblosan di lokasi pengungsian.


Optimalkan preventive strike agar pelaku teror berhasil ditangkap sebelum melancarkan aksinya, sehingga kita bias memastikan tidak ada letupan sekecil apapun pada Pemilukada 2024.


Selanjutnya terkait tindak pinna Pilkada, lakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar Centra Gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana Pilkada dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat,"tutupnya.


Adapun kegiatan dihadiri oleh :

- Kapolres Serdang Bedagai diwakili oleh *Waka Polres Serdang Bedagai KOMPOL E. SIBUEA, S.Sos.

- Bupati Serdang Bedagai diwakili oleh Drs. ZULFIKAR,

- Dandim 0204 Deli Serdang diwakili oleh KAPTEN INF. ABDUL MALIK,

- Kajari Serdang Bedagai diwakili oleh ROMEL TARIGAN, S.H.,

- Ketua KPU Kab. Serdang Bedagai AGUSLI MATONDANG, S.H.

- Ketua Bawaslu Kab. Serdang Bedagai diwakili HANDI GUNAWAN.


Kemudian dihadiri oleh Perwakilan masing-masing Parpol Kab. Serdang Bedagai, Para PJU Polres Serdang Bedagai, Para Kapolsek jajaran Polres Serdang Bedagai, OPD Pemkab. Serdang Bedagai, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kab. Serdang Bedagai, Pleton Perwira Polres Serdang Bedagai, Pleton Si Propam Polres Serdang Bedagai, Pleton TNI AD Kodim 0204 Deli Serdang, Pleton Sat Samapta dan Sat Polairud Polres Serdang Bedagai, Pleton Sat Lantas Polres Serdang Bedagai,  Pleton Staf Polres Serdang Bedagai, Pleton Polsek jajaran Polres Serdang Bedagai, Pleton Sat Reskrim Polres Serdang Bedagai, Pleton Sat Narkoba dan Sat Intelkam Polres Serdang Bedagai, Pleton Dishub Pemkab Serdang Bedagai, Pleton Satpol PP Pemkab Serdang Bedagai, dan Pleton Dinas Kesehatan Pemkab Serdang Bedagai.

(ALFI)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polres Serdang Bedagai Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Toba 2024

Terkini

Topik Populer

Iklan