Iklan

terkini

Polres Binjai Bersama Instansi Terkait Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba - 2024

Rabu, 03 April 2024, April 03, 2024 WIB Last Updated 2024-04-03T12:36:45Z


BINJAI KOTA -
Polres Binjai bersama instansi terkait lainnya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba – 2024, di lapangan bhayangkara polres Binjai jalan Sultan Hasanuddin No.1 kelurahan satria kecamatan Binjai Kota, provinsi sumatera utara, pada Rabu (03/04/2024).


Kegiatan dihadiri oleh : Walikota Binjai Drs. Amir Hamzah, M.AP, Danramil 16 Binjai Utata Kapten Inf. Selamat Jaya, Asisten-I Drs. Aldi Agustian, Kajari diwakili oleh kasi Pidum Andre Darma, SH, MH, Dansub Den POM, Kapten CPM Wahyudi Hindarto, KA BNN diwakili kasi Brantas AKP Bambang Sulistio, Kadiskes dr.Sugianto, S.PoG, ketua PN Binjai diwakili Panmud Dedi, SH, MH, Kasatpol PP Ardiansyah Pohan, STTP, Waka Polres Kompol RD. Firman D., SH, MH, para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran polres Binjai.


Pada apel gelar pasukan tersebut Kapolres Binjai AKBP RIO ALEXANDER PANELEWEN, S.I.K., menjelaskan bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.


Kapolres juga menerangkan bahwa arus Mudik di tahun ini adalah arus mudik yang sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Maka dari itu TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024.


Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April 2024. Dalam operasi ini telah dipersiapkan 5.784 pos yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, 


Dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal. 


Kebijakan ini diharapkan mampu mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran, dan kenyamanan arus lalu lintas melalui pengaturan operasional angkutan barang, Sistem One Way dan Contra Flow, penerapan ganjil genap, ketentuan penyeberangan, delaying system dan buffer zone, hingga penundaan proyek konstruksi. 


Kemudian dengan jalan tol dan jalur arteri, berikan jaminan kamseltibcar lantas kepada masyarakat. Periksa kesiapan infrastruktur dan modal transportasi yang akan digunakan masyarakat, reduksi faktor-faktor potensi kerawanan dan sumbatan di jalan raya,


Serta terapkan rekayasa lalu lintas secara terukur dan terkoordinasi, Apabila masyarakat merasa khawatir terdapat gangguan kejahatan dalam perjalanannya, siapkan pengawalan kepolisian untuk memberikan rasa aman. Harus Sinergi dan koordinasi antara Satgas Pusat, Satgas Daerah, dan stakeholder terkait harus berjalan optimal, sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman,"tegas Kapolres.


Lanjutnya lagi, kita harus Pahami betul karakteristik wilayah masing-masing seperti titik rawan banjir, rawan longsor, dan rawan gangguan kamtibmas, utamanya yang berada di jalur-jalur mudik maupun di lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya.


Disamping itu, kamseltibcar lantas dan kamtibmas harus Pastikan masyarakat dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi sehingga dapat merencanakan perjalanannya dengan nyaman.


Saya sebagai Kapolres Binjai kota, mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci. Demikian amanat saya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, serta keselamatan, dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,"tutupnya.

(ALFI)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polres Binjai Bersama Instansi Terkait Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba - 2024

Terkini

Topik Populer

Iklan