Iklan

terkini

Polsek Firdaus Polres Sergai Langsung Turun Untuk Mengecek Rumah Warga Yang Terkena Bencana Alam

Rabu, 20 Maret 2024, Maret 20, 2024 WIB Last Updated 2024-03-21T04:17:03Z


SERGAI -
Polsek Firdaus Polres Sergang Bedagai turun langsung dan melakukan pengecekan terhadap warga yang terkena Bencana Alam akibat derasnya curah Hujan dan disertai angin kencang yang mengakibatkan beberapa rumah mengalami kerusakan di desa - desa yang berada diwilkum Polsek Firdaus polres Sergai pada Rabu (20/3/2024) siang.


Kapolsek firdaus langsung mengerahkan personilnya untuk mengecek rumah warga yang terkena bencana alam tersebut, seperti : Kanit Binmas Polsek Firdaus, IPDA LB. Manullang, Bhabinkamtibmas Polsek Firdaus, BRIPKA Riko Adrian, Bhabinkamtibmas Polsek Firdaus, BRIPKA JD. Nababan, Babinsa Koramil 10 Sei Rampah, KOPTU Suhendra, dan para Personel Polsek Firdaus lainnya.


Diterangkan dalam Kronologis singkat, awal mula kejadian bencana tersebut, pada pukul 11.10 Wib, telah terjadi hujan gerimis diwilayah Kec. Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai, kemudian pada Pukul 11.50 Wib, Hujan semakin deras dan disertai dengan angin kencang, sanking derasnya hujan dan kuatnya angin akibatnya beberapa bagian rumah warga terbang dibawa angin dan sebagian rumah warga pun mengalami kerusakan yang cukup parah. 


Setelah bencana berlalu sekitar pukul 13.30 wib. kondisi hujan pun redah kemudian warga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Firdaus, dan setelah petugas menerima laporan tersebut, Polsek Firdaus langsung merespon melalui Bhabinkamtibmas dan aparat desa langsung melakukan turun ke lapangan guna pengecekan dan pendataan terkait kejadian bencana alam hujan deras dan angin kencang tersebut.


Selanjutnya tim pun melakukan pendataan sementara atas terdampak bencana alam dan angin kencang tersebut didusun IV desa cempedak lobang Kec. Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara, dan dari hasil pendataan bahwa Pemilik rumah yang menjadi korban akibat hujan deras dan angin kencang yaitu keluarga Herman, (41) warga Desa Gempolan Kecamatan Sei Bamban, dengan mengalami rusak berat kerugian Rp (15.000.000), lima belas juta rupiah.


Sedangkan Sihendri , 38 Thn, Tani, warga Dusun I Desa Gempolan Kec. Sei Bamban mengalami kerusakan ringan seperti atap rumahnya saja, dan dengan kerugian materil sekitar Rp.(600.000). Enam ratus ribu rupiah.


Kemudian untuk rumah keluarga Herman, Lk,(55) warga Dsn II Desa Gempolan Kec. Sei Bamban, tersebut mengalami rusak sedang, dan ditafsir dengan kerugian Rp. (5.000.000) Lima juta rupiah.


Berikutnya di Desa Pematang Ganjang Kec. Sei Bamban seperti rumah korban Rawiyah Tambunan Pr, warga Dusun VII Desa Pematang Ganjang Kec.Sei Rampah juga mengalami kerusakan sedang, hanya kerusakan bagian atap juga, dengan kerugian Rp. (4.000.000). Empat juta rupiah.


Dari kejadian tersebut diterangkan tidak ditemukan korban jiwa, berikut langkah yang dilaksanakan yakni melakukan pendataan terhadap rumah – rumah warga yang terdampak bencana dan mengalami kerusakan serta melakukan koordinasi terhadap instansi terkait hal itu BPBD Kab. Serdang Bedagai, agar segera mendirikan posko tanggap bencana (PTB). dan berkordinasi dengan Dinas Sosial Kab.Serdang Bedagai untuk memberikan bantuan ketersediaan Air minum mineral dan makanan ringan.


Dari bencana alam tersebut, tidak ada memakan korban jiwa, dan selanjutnya untuk warga yang mengalami kerusakan akibat bencana alam dan Angin Kencang telah di ungsikan ke rumah masyarakat sekitar sambil melakukan perbaikan bagian rumah warga yang telah rusak,"jelasnya.

(ALFI)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polsek Firdaus Polres Sergai Langsung Turun Untuk Mengecek Rumah Warga Yang Terkena Bencana Alam

Terkini

Topik Populer

Iklan